Picture
Dalam kegiatan membatik atau pembatikan dibutuhkan berbagai alat membatik. Beberapa diantaranya adalah canting, wajan, kompor minyak tanah (bisa juga memakai kompor listrik), sarung tangan, kuas eterna, danmasih banyak lagi alat membatik lainnya. Kompor yang biasa digunakan sebagai alat membatik adalah kompor dengan bahan bakar minyak. Dalam proses pembatikan tidak perlu api yang terlalu besar sehingga dapat dipilih kompor minyak tanah yang berukuran sedang. Keberadaan kompor minyak tanah sebagai alat membatik berfungsi untuk membuat api yang berfungsi untuk memanaskan lilin malam.   


 
Picture
Seperti yang kita ketahui bahwa batik ada beberapa jenis diantaranya yaitu batik tulis, batik cap dan batik printing/sablon. Tidak seperti batik tulis yang proses pembuatannya menggunakan alat membatik berupa canting, proses pembuatan batik cap menggunakan alat membatik yang berupa cap. Proses pembuatan batik cap relatif lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan batik tulis karena pembuatan motifnya dengan menggunakan alat membatik berupa cap atau stempel yang lebar. Walaupun demikian, kedua jenis batik ini mempunyai keunikan tersendiri.


 
Perkembangan Trend Fashion di Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia terutama Busana Korea belakangan ini. Fashion designer indonesia telah menunjukkan potensi dan bakat yang luar biasa. Dalam perkembangan awalnya fashion designer indonesia cenderung meniru gaya barat dalam menciptakan karyanya baik dalam bahan yang digunakan maupun desain. Namun saat ini fashion designer indonesia tidak mau kalah dalam menunjukkan bakatnya dalam mendesaian busana untuk remaja maupun anak usia muda yang lebih sering tampil dengan mode gaya barat atau gaya busana korea.

 
Dalam membeli kain batik biasanya kita dihadapkan pada dua pilihan. Memilih kain batik tulis atau kain batik cap. Kedua jenis kain batik ini memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satu perbedaan yang mencolok dalam pembuatan kain batik tulis dan kain batik cap terletak pada alat membatik yang dipergunakan. Jika pembuatan kain batik tulis membutuhkan alat membatik berupa canting, dalam membuat kain batik cap diperlukan alat membatik berupa cap yang terbuat dari tembaga dengan kombinasi besi.  

 
Pada kursus jahit dikenal cara pembuatan pakaian tanpa pola yaitu dengan teknik draping. Bahan untuk drapping, yaitu bahan blacu. Pada kursus jahit  yang  perlu diperhatikan pada saat pemotongan bahan adalah arah  serat kain  agar  ukuran  yang akan  dibuat  pada  pola  bisa  tepat. Pada kursus jahit dikenal tiga macam arah serat kain yaitu arah serat memanjang, arah serat melebar dan arah serat serong. Untuk membuat arah serat serong yaitu dengan  melipat arah serat melebar dengan sudut. Selamat mengikuti kursus jahit sahabat fitinline.

 
Kursus jahit pengetahuan bahan pelapis pakaian. Lining merupakan lapisan pada bagian dalam pakaian yang digunakan untuk proses finishing serta untuk menyembunyikan bentuk/ kontruksi bagian dalam pakaian. Pada kursus jahit tidak memperdulikan jenis pakaian macam apapun, pemasangan lining adalah bagian serta finishing yang paling mewah. Sebagian   besar, lining dibuat dari jenis-jenis kain yang licin. Pemilihan warna lining bisa dipilih yang sesuai atau yang kontras dengan warna kain utama yang akan digunakan. Bahkan juga bisa menggunakan kain cetakan yang tidak terlalu bagus sejauh liningnya rapi dan tak terlihat dari luar. Semoga bermanfaat bagi sahabat fitinline yang sedang mengikuti kursus jahit.

 
Cara pemasangan dan desain penyelesaian garis leher pada busana memiliki banyak ragam. Pada kursus jahit salah satu teknik penyelesaian garis leher yang dapat dilakukan adalah dengan penyelesaian kerah setengah rebah. Kerah setengah rebah dibagi menjadi dua yaitu kerah setengah rebah tanpa pelapis dan kerah setengah rebah dengan pelapis. Pemasangan kerah setengah rebah tanpa pelapis pada kursus jahit. Langkah-langkah membuat kerah rebah tanpa pelapis diantaranya buat desain kerah terlebih dahulu. Pasang interfacing pada kerah dan jelujur. Potong interfacing sampai pada tepi garis pola dan lebihkan 2 mm lalu disetrika kemudian dibalik. Jahit leher bersama-sama dengan salah satu kerah.  Rapihkan kampuh dan beri gunting dalam. Langkah terakhir pada kursus jahit pemasangan kerah ini adalah lipat kampuh kerah yang lain ke bagian buruk badan dan jelujur kerah tersebut kemudian diselesaikan dengan tusuk selip.

 
Mempelajari teknik penyelesaian kampuh terbuka dari kursus jahit. Dalam membuat kampuh terbuka pada kegiatan menjahit atau kursus jahit, lebar kampuh terbuka harus sama dan rata yaitu 1.5 sampai 2 cm. Penyelesaian tiras kampuh bergantung dari asal dan tebal tipisnya bahan serta tenunan. Beberapa cara atau teknik yang bisa diterapkan dalam kursus jahit penyelesaian tiras kampuh terbuka diantaranya digunting zig-zag, dijahit mesin, diobras, dijahit zig zag, dibisban, dibalut renggang serong, dan difeston renggang. Sahabat fitinline bisa mencoba bereksperimen dengan cara-cara tersebut diatas pada saat mengikuti kursus jahit.

 
Belajar membuat seragam batik dengan kerah tegak. Kerah adalah salah satu bagian busana yang memberi keindahan pada busana. Kerah tegak pada seragam batik merupakan kerah yang letaknya tegak di sekeliling leher dan hampir menutupi setengah panjang leher jika dilihat di bagian belakang tampak tegak dan tinggi. Langkah-langkah dalam membuat kerah tegak untuk seragam batik diantaranya buat desain untuk kerah tegak. Beri pengeras pada kerah dengan cara disetlika. Kemudian kampuh dirapikan dengan digunting. Kerah dibalik pada bagian baik. Pasang salah satu sisi kerah pada leher seragam batik dari bagian baik selanjutnya kerah disetik dengan mesin.

 
Picture
Dahulunya seragam batik hanya dikenakan oleh orang dari kalangan atas saja atau kaum bangsawan. Namun seiring perkembangan jaman penggunaan seragam batik semakin meluas keseluruh lapisan masyarakat. Seragam batik kini dapat dikenakan pada acara-acara spesial seperti pesta, kondangan, atau acara lainnya. Untuk pemilihan seragam batik sendiri dapat disesuaikan dengan acara dan kesempatan. Misalnya untuk acara pesta anda bisa mengenakan dress batik dengan variasi rok yang ditumpuk bagi wanita dan kemeja batik kombinasi kain tenun atau polos bagi pria.


    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    November 2013

    Categories

    All